Efek

WELCOME TO MGMP IPA GUGUS SUKARAJA SUKABUMI, BETTER EDUCATION THROUGH REFORMED MANAGEMENT AND UNIVERSAL TEACHER UPGRADING

Selasa, 14 Desember 2010

ANALISIS KRITIS ARTIKEL KE -1

Oleh :
Yuli Susanti, S.Pd
1. Pakde Sofa, 21 Juni 2008, Pendekatan Discovery, Inquiry, dan STS dalam pembelajaran
Fisika. hhtp:pkab.wordpress.com.Diakses pada tanggal5 Nopember 2009
2. Tujuan Penelitian
Memperkenalkan macam-macam pendekatan dalam pembelajaran Fisika.
3. Fakta-fakta Unik.
a. Konsep Belajar
Bruner
Cara-cara bagaimana manusia memilih, memperkenalkan, mentransformasikan informasi secara aktif
Robert Gagne
Membagi tipe belajar ke dalam 8 jenis, yaitu problem solving, rule learning,concept learning, diskrimination learning, verbal learning, chaining, stimulus response learning dan signal learning
Piaget
Kemampuan anak menyesuaikan diri terhadap lingkungan, kemampuan anak mengubah untuk memenuhi apa yang ia imajinasikan
b. Pembelajaran Fisika
Praktek
Percobaan yang ditsmpilksn guru dan atau siswa dalam bentuk demonstrasi maupun percobaan dalam laboratorium
c. Macam-macam pendekatan
Ketrampilan proses
Dimulai dari observasi sampai meramal (ketrampilan dasar sains) dan dari identifikasi variabel sampai dengan yang paling kompleks (ketrampilan terpadu proses sains)
Discovery
Memerlukan proses mental, seperti mengamati, mengukur, menggolongkan, menduga, menjelaskan, mengambil kesimpulan
Inquiry
Siswa merumuskan masalah, mendesain eksperimen, mengumpulkan dan menganalisis data sampai mengambil keputusan sendiri
STS
Menekankan pada pemahaman terhadap konsep, melibatkan pemahaman siswa terhadap hasil produk teknologi yang terkait dan menfaatnya terhadap masyarakat
4. Pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimunculkan
a. Bagaimana menerapkan pendekatan discovery, Inquiry dan STS dalam pembelajran
fisika ?
b. Bagaimana membuat perangkat pembelajaran dengan menerapkan pendekatan
Discovery, Inquiry dan STS dalam pembelajaran fisika ?
5. Konsep utama : Pendekatan Discovery, Inquiry dan STS dalam pembelajaran fisika
6. Refleksi : Saya ingin menerapkan proses pendekatan discovery, inquiry dan STS dalam
pembelajaran fisika di SMPN 1 kebonpedes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar