Efek

WELCOME TO MGMP IPA GUGUS SUKARAJA SUKABUMI, BETTER EDUCATION THROUGH REFORMED MANAGEMENT AND UNIVERSAL TEACHER UPGRADING

Sabtu, 04 Desember 2010

Case Study


MATA PELAJARAN IPA
Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup)
KELAS : IX B
(oleh2 ti gandini)


Bagaimanakah caranya agar siswa termotivasi untuk berperan aktif dalam pembelajaran ?
Pertanyaan di atas sering kali muncul pada hati saya ketika melaksanakan pembelajaran baik secara klasikal atau kelompok hanya satu atau dua orang siswa yang sering kali aktif melaksanakan/mengerjakan tugas individu maupun kelompok padahal sebagai seorang guru yang melaksanakan kegiatan belajar mengajar inginnya semua siswa dapat berperan aktif untuk mengerjakan tugas baik secara individu ataupun kelompoknya.
“Kenapa kalau siswa di kelas IX B, siswanya banyak yang pasif, susah sekali kalau disuruh mengerjakan tugas ataupun maju ke depan kelas ?”
Pertanyaan di atas sering kali saya dengar dari rekan guru yang mengajar di kelas IX B, walaupun sebenarnya pertanyaan itu ada juga dalam benak saya. Jadi secara spontan sayapun mengiyakan, walau dalam hati saya agak sedikit kecewa karena kebetulan saya sebagai wali kelas IX B. Terlebih melihat hasil ulangan tengah semester khususnya IPA materi sistem organ manusia nilai rata-ratanya masih di bawah KKM. Untuk itu saya mencoba mengamati apa yang terjadi selama kegiatan belajar mengajar materi kelangsungan Hidup Makhluk Hidup dengan Standar Kompetensi : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup dan Kompetensi Dasar : 2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan.
Uraian singkat di bawah ini menceritakan ketika berlangsung kegiatan belajar mengajar di kelas IX B dengan standar kompetensi 2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan pada hari Kamis 21 Oktober 2010, pukul 07.30 mulai dilaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas IX B SMP Negeri 2 Nyalindung. Kegiatan pembelajaran saat itu menggunakan metode diskusi , tanya jawab dengan pemberian tugas perkelompok yang beranggotakan 2 orang siswa (think pair share) pada awal pembelajaran setting kelas masih seperti biasa belum merubah tempat duduk.
Pada awal pembelajaran setelah memeriksa kehadiran siswa ternyata ada 2 (dua) orang siswa yang tidak hadir yaitu : Fitria N da M. Ramdan Saputera . keduanya tidak hadir tanpa keterangan, pada saat pendahuluan saya mengajukan pertanyaan “mengapa sampai saat ini manusia masih ada di muka bumi ? sengaja saya tujukan pertanyaan itu untuk semua siswa. Sesaat siswa terdiam dan ada yang cuman saling pandang.tetapi kesunyian itu hilang setelah ada yang nyeletuk takdir , bu. Ternyata yang menjawab Rikman, dilanjutkan oleh Fikri “ berkembangbiak bu. Kemudian saya ajukan pertanyaan lagi kenapa hewan dinosaurus tidak kita temukan lagi ? secara serentak siswa menjawab : punah bu, . Saya ajukan lagi pertanyaan kenapa punah ? kali ini tak ada siswa yang menjawab.para siswa malah ada yang asik ngobrol. Untuk mengalihkan perhatian saya meminta siswa untuk mendengarkan penjelasan bahwa saat itu akan dibahas mengenai kelangsungan hidup makhluk hidup. Dan kompetensi yang harus dimiliki siswa yaitu mampu mengidentifikasi kelangsungan makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan. Dengan bantuan beberapa siswa buku paket yang ada di atas meja guru dibagian satu buku ke tiap meja. Siswa diarahkan untuk membuka bab kelangsungan hidup makhluk hidup halaman 53 s.d 59 dan dari buku kerja siswa halaman 24 s.d 27. semua siswa disuruh mengamati gambar-gambar dan membaca yang terdapat pada buku paket dan buku kerja, ternyata banyak siswa yang acuh tak acuh ada yang ngobrol saja, ada yang pindah tempat duduk, bahkan ada yang minta izin keluar untuk ke wc. Setelah 20 menit saya mengajukan pertanyaan “dengan cara apa makhluk hidup dapat melangsungkan kelangsungan hidupnya ? ada beberapa siswa yang menjawab secara berbarengan, agar jawabannya jelas saya minta seorang siswa untuk menjelaskan, tapi ternyata siswa terdiam, kemudian saya ingatkan kembali pada siswa untuk mencari jawabannya dari buku, dengan sedikit malu-malu Mauliyani menjawab bahwa makhluk hidup melangsungkan kehidupannya dengan cara beradaptasi dan berkembangbiak, kemudian siswa mendengar penjelasan dari saya tentang adaptasi dan macamnya, setelah selesai menjelaskan siswa diberi kesempatan untuk bertanya, ternyata tak ada satu siswapun mengajukan pertanyaan, karena suasana sedikit pasif maka saya mengajukan pertanyaan 1) apakah bedanya daun kangkung yang hidup di air dengan kangkung yang hidup di darat ? 2) adakah perbedaan antara paruh burung elang dan paruh ayam ? 3) apakah ada perbedaan antara orang yang tinggal di dataran rendah dengan orang yang tinggal di dataran tinggi bila orang yang di dataran tinggi berada di dataran rendah ?4) mengapa ikan yang hidup di laut tidak asin, padahal air lautnya asin? 5) Mengapa paus dan lumba-lumba suka muncul ke permukaan air laut ? Ternyata tak ada siswa yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan itu agar siswa dapat menjawab pertanyaan itu maka siswa disuruh mengerjakan tugas kegiatan 1halaman 25 dari buku kerja siswa, ternyata untuk mengerjakan tugas kegiatan 1 memerlukan waktu yang cukup lama, siswa yang sudah selesai mengerjakan disuruh membawa hasil pekerjaannya ke meja guru, dari sekian banyak siswa siswa yang berada pada barisan belakang malah ribut mereka maih acuh tak acuh dengan tugas yang diberikan, pada saat itu muncul pertanyaan di hati saya “ mengapa siswa ini tidak termotivasi untuk mengerjakan tugas ???? karena waktu tingal 10 menit lagi siswa diberi tugas untuk mengelompokkan contoh-contoh bentuk adaptasi yang termasuk adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku utnuk dikerjakan di rumah. Sampai bell berbunyi tanda habis waktu, saya keluar dari kelas itu dengan pertanyaan-pertanyaan pembelajaran yang bagai mana?, dengan metode apa yang cocok ? setting duduk yang bagaimana?, pengelompokkan yang bagaimana? dan rencana –rencana yang muncul agar siswa di kelas IX B dapat lebih termotivasi untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar