Efek

WELCOME TO MGMP IPA GUGUS SUKARAJA SUKABUMI, BETTER EDUCATION THROUGH REFORMED MANAGEMENT AND UNIVERSAL TEACHER UPGRADING

Selasa, 14 Desember 2010

Case Study

Oleh
Drs. TATANG
MGMP IPA GUGUS SUKARAJA KAB. SUKABUMI

Kamis   21    Oktober 2010
Tidak seperti hari – hari biasanya saya berangkat kesekalah lebih pagi, karena saya sudah janji pada anak anak kela 7d, 7e dan 7c bahwa pada hari ini, kamis, 21  Oktober 2010 akan mempraktekan tentang indicator asam basa secara alami, untuk itu perlu ada  persiapan alat-alat lab yang akan digunakan dalam praktek. Pukul 06.30 saya sudah berada disekolah belum banyak anak – anak dan guru, saya langsung menuju LAB IPA dan mempersiapkan 10 buah plat tetes, 10 mortal dan alu, pipet tetes dan larutan asam cuka serta larutan basa ( KOH ).
Karena pelajaran kimia pada SMP Kelas 7 merupakan hal yang baru, saya pun sebelunya tidak mengajar kimia, maka saya ingin mempraktekannya terlebih dahulu, untuk ini saya ambil bunga sepatu dan daun pandan di kebun sekolah lalu saya gerus dan ditambahkan air dengan pipet tetes saya ambil dan diteteskan pada plat tetes sebanyak dua tempat, lalu diberi nama A dan B, yang A berwarna merah  saya tetesi dengan asam cuka berubah warnanya menjadi ping, yang B berwarna merah saya tetesi dengan basa ( KOH ) tidak berubah warnanya.  Lalu saya ulangi dengan daunpandan dengan terlebih dahulu mencuci alat dengan bersih, Extrak daun pandan yang A  berwarna hijau saya tetesi dengan asam cuka tidak berubah warnanya , Extrak B berwarna hijau aya tetesi dengan basa ( KOH ) berubah warnanya menjadi putih susu.
07.30 bel berbunyi saya yang sedang asik dengan alat-alat LAB tersadar kalau anak-anak sudah berada didepan LAB, karena minggu yang lalu saya sudah janji bahwa pada hari ini belajar dilab, lalu saya menghampiri mereka dan mempersilahkan masuk dengan tertib, setelah ber doa dan mengucap salam, saya memulai dengan absen, menanyakan yang tidak hadir, lalu saya sampaikan bahwa hari ini kita akan mencoba mempraktekkan bunga dan daun apa saja yang dapat digunakan sebagai indicator asam basa secara alami yang telah kita pelajari minggu yang lalu.
Silahkan anak anak duduk perkelompok setiap kelompok 4, 5 orang dan duduk ber hadapan  pembentukan kelompok tidak lama karena sudah dibentuk minggu yangblalu, sekarang keluarkan tugas yang diberikan minggu yang lalu beberapa siswa mengeluarkan plasti kresek yang didalamnya ada bunga tetapi banyak kelompok yang kebingungan, dari 9 kelompok hanya tiga kelompok yang membawa bunga berwarna, yang lainnya hanya membawa daun anak-anak kenapa kalian tidak memebawa bunga, susah pak kata anak-anak, anak anak dikebun sekolah ada beberapa bunga, tetapi apabila semua kelas mengambil di kebun sekolah maka bunga di sekolah akan habis, untuk itu bapak tugaskan kalian untuk membawanya dadi rumah, tetapi untuk kali ini silahkan yang belum bawa bunga memetik di kebun sekolah dengan perwakilan satu orang, dari setiap kelompok ada yang berlari menuju kebun sekolah untuk ketua kelompok silahkan menuju ke meja guru dan berbaris lalu saya sampaikan pada mereka bagai mana mempraktekan membuat extrak bunga dan daun sebagaimana yang saya praktekan tadi pagi, mengerti anak-anak, ya  pak jawab anak-anak, silahkan hai ini praktekan lagi bersama teman-teman dikelompokmu lalu cfatat hasilnya pada table yang sudah disediakan jangan lupa cuci bersih alat mortal dan alu apabila akan mengganti bunga atau daun yang kalian gerus juga pipet tetes yang digunakan untuk mengambil asam dan basa jangan sampai tertukar atau tercampur. Dan ini alat alat yang diperlukan setiap kelompok satu perangkat.
Anak yang ber tugas mengambil bunga sudah kembali, lalu mereka sibuk  sepertinya mereka penasaran ingin tau apa yang akan terjadi dengan bunga dan daun  setelah digerus dan di tetesi asam dan basa.
Ketua kelompok 1 menghampiri saya lalu bertanya pak bunganya hanya ada tiga macampak, ya bolehlah minimal tiga macam lalu ada yang teriak dari kelompok  6 pak si andi mencampur larutan bunga sepatu dengan larutan daun pandan,  wah kalau itu tidak boleh harus di buang lalu cuci bersih dan ulangi.
Satu jam telah berlalu, anak-anak bagaimana sudah selesai?, sudah pak  ! mari kita presentasikan setiap kelompok yang  di  panggil silahkan kedepan.
No
Nama Bunga/Daun
Warna asal
Perubahan setelah ditetesi
Asam
Basa
1
Bunga Sepatu
Merah


2
Bunga Mawar
Pink


3
Daun kastuba
Merah


4
Daun Pandan
Hijau


5
Daun Nangsi
Ungu


6
Bunga Euphorbia
Merah


7
Daun Jawer Kotok
Kemerahan


8
Baugenvill/Kembang kertas
Kekuningan


9
Bunga Markisa
Ungu




,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar